Ramadhan Ingin Traveling, Kunjungi 5 Negara Ini !

Traveling Saat Ramadhan? Kamu Bisa Mengunjungi 5 Negara ini!

Ramadhan akan datang kurang dari dua minggu lagi, apa kamu sudah mempersiapkan diri? Atau kamu malah ingin membuat rencana traveling di bulan Ramadhan untuk merasakan suasana berbeda? Puasa sambil traveling mungkin bukan pilihan semua orang. Akan tetapi, kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman baru, tidak ada salahnya untuk berpuasa sambil berjalan-jalan di negara lain.
Tips paling penting dalam memilih negara yang akan kamu kunjungi di bulan Ramadhan adalah dengan memperhatikan jam puasa di negara tersebut, serta kebiasaan masyarakat lokal. Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada musim panas di Eropa dan Asia Timur, sehingga kurang disarankan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut.

Pada Ramadhan tahun lalu, masyarakat Muslim di Inggris harus berpuasa selama 20 jam! Sementara itu, pada Ramadhan tahun ini, masyarakat muslim di Jepang akan berpuasa sambil merasakan temperatur tertinggi dari sepanjang tahun!

Sebaiknya traveling kemana ya pada bulan Ramadhan? Di bawah ini 5 negara rekomendasi Airfrov untukmu dan keluarga.

# Australia

ramadhan perth
Sumber: Perth Now

Negara yang dekat dengan Indonesia ini adalah pilihan tepat untuk berjalan-jalan selama bulan Ramadhan. Tahun lalu, waktu puasa di Australia hanya sekitar 12 jam, sedikit lebih singkat daripada waktu puasa di Indonesia. Temperaturnya juga cukup bersahabat, yaitu sekitar 16°-23°. Kamu bisa leluasa mengunjungi tempat-tempat wisata sambil menunggu waktu berbuka tanpa perlu takut haus. Selain itu, walaupun pemeluk Islam disana tergolong minoritas, kamu bisa menemukan restoran halal dengan cukup mudah. Jika kamu mau menjalankan puasa di Australia, tempat terbaik adalah daerah Australia Barat.

# Afrika Selatan

ramadhan africa
Sumber: Mzansi Life

Mari bergeser ke negara nun jauh di sana, Afrika Selatan. Sama dengan Australia, lama puasa di Afrika Selatan hanya sekitar 12 jam. Melewatkan bulan Ramadhan di alam bebas sambil mengagumi ciptaan Tuhan pasti menyenangkan, tapi kamu membutuhkan mental baja untuk tetap berpuasa. Bulan Ramadhan tahun ini, temperatur di Afrika Selatan cukup nyaman, yaitu sekitar 18°-24°. Kamu pun tidak perlu khawatir masalah makanan dan tempat ibadah. Beberapa kelompok Muslim dari Malaysia dan Indonesia bermigrasi ke Afrika Selatan pada masa lampau, sehingga kamu bisa menelusuri jejak mereka di kota Cape Town.

# Maroko

ramadhan maroko
Sumber: Morocco World News

Masih di Afrika, cobalah traveling ke Maroko. Di sini, kamu akan berpuasa selama kurang lebih 14-15 jam per hari. Kabar baiknya, warga negara Indonesia tidak memerlukan visa untuk mengunjungi Maroko. 99% dari populasi Maroko merupakan pemeluk agama Islam, jadi keputusanmu untuk berwisata ke kota seperti Rabat atau Fes sangatlah tepat. Pastikan kamu mampir salat di masjid-masjid yang terkenal dengan arsitektur cantik nan unik.

# Yordania

ramadhan yordania
Sumber: Mirajnews

Berpuasa sambil umroh memang menjadi impian setiap Muslim. Alternatif lain, kamu dan keluarga bisa merasakan Ramadhan di Yordania sambil mengunjungi Masjid Al-Aqsa dan tempat bersejarah Petra. Hampir sama dengan di Indonesia, Ramadhan di Yordania merupakan family time. Jam kerja para karyawan di kantor-kantor lebih singkat agar bisa berbuka di rumah masing-masing. Bulan puasa juga berarti wisata kuliner karena orang-orang memasak dalam porsi lebih banyak, dengan menu lebih beragam. Tak heran jika muncul pasar jajanan sesudah jam salat ashar. Jalan-jalan seru, makan-makan pun oke.

# Malaysia

ramadhan malaysia
Sumber: Hovando Holidays

Berkunjung ke Malaysia juga pilihan terbaik untuk traveling di bulan Ramadhan karena suasananya yang mirip dengan di Indonesia. Malaysia juga bukan hanya Kuala Lumpur. Kamu bisa pergi ke Melaka dan mencoba salat taraweh di masjid terapung. Atau mencari spot foto yang cocok banget untuk di-post di Instagram di Penang. Daerah-daerah tersebut memungkinkan kamu untuk berwisata sambil berjalan kaki. Ingat untuk memulai ‘penjelajahan’ pada sore hari sekitar jam15.00. Jadi, kamu tidak perlu menunggu adzan maghrib terlalu lama.

Sekarang kamu tidak bingung lagi kan? Mungkin kamu hanya akan khawatir kalau harus membawakan oleh-oleh pada pertemuan keluarga di Hari Raya Idul Fitri. Sebelum berbelanja, coba cek ide barang dari luar negeri di halaman Request. Salah satu negara favorit para requester adalah Australia, lho. Sambil membeli oleh-oleh untuk keluargamu, kamu juga bisa membantu orang-orang yang me-request barang tersebut. Bisa jadi, pengeluaran oleh-olehmu jadi gratis. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Airfrov itu apa sih? Yuk cek dulu video di bawah ini!

Pulang travelling mau dapet duit? Emang bisa ya? Bisa banget kok, kamu tinggal sign up da daftar jadi traveller di Airfrov!

Mau tau apa aja keuntungannya dan cara jadi traveller di Airfov?

Klik di sini untuk tahu caranya!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments