Ini Dia Tips Belajar Bahasa Inggris Asyik Supaya Cepat Bisa!

belajar bahasa inggris airfrov indonesia

Pelajaran Bahasa Inggris sering menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Macam-macam alasannya, mulai dari pengucapan beberapa huruf yang berbeda (‘a’ dibaca ‘ei’, ‘e’ dibaca ‘i’, dsb), logat yang terdengar terlalu cepat, sampai harus mempelajari kosakata dan grammar yang rumit. Eits… jangan sampe ketinggalan tips belajar Bahasa Inggris ala anak kekinian! Maksudnya, kamu bisa belajar dengan cara yang fun dan gak bikin ngantuk, namun cepet ngerti.

Belajar Bahasa Inggris ga pernah semenyenangkan ini!

#1 Belajar gratis lewat internet

belajar bahasa inggris asyik
Jangan cuma buka sosmed buat kepoin gebetan aja!

Anak kekinian pasti salah satu hobinya adalah browing internet, buka-buka social media, pokoknya supaya ga ketinggalan berita terbaru. Saat ini, udah banyak akun-akun yang mendidik tapi tetap fun (bukan cuma sekedar gosip aja isinya), salah satunya seperti video yang di-upload oleh Nessie Judge ini;

Selain akun Youtube di atas, kami punya rekomendasi beberapa akun sosmed yang wajib banget kamu follow, supaya makin lancar belajar Bahasa Inggris nya;

-Youtube: English Class 101, Mr. Wong, Agung Hapsah dan Fathia Izzati (yang suka collab bareng), 
-Ask.fm
: The YUNiversity, Kawashima Linberg, Tegaraguta, Carrisa Tea. Oya, bisa juga ikutan gabung kursus di Fakta Bahasa lho.
-Instagram: BBC Learning English, Learn English With Me, Jen: English Outside the Box, Better English, English the Royals
-Twitter: English Tips 4 U, Espresso English, Woodward English, Phrase Mix
-Facebook: Australia Plus Learn English, VOA Learning English, British Council, Practice English Everyday.
-Website: FluentU, Duolingo

 

#2 Kalo dengerin lagu, hayati liriknya juga

belajar bahasa inggris asyik
Ngaku deh, kalo suka banget sama lagunya, pasti liriknya udah hafal di luar kepala (sekalipun dalam bahasa asing)

Berdasarkan hasil research English.com, para penyanyi yang bisa membantumu belajar bahasa Inggris dengan lagu-lagu mereka adalah Adele, Madonna, Katy Perry, Beyonce, Justin Timberlake, Bono U2, Justin Bieber, dan David Guetta. Selain lagunya yang asyik, ternyata lirik yang mereka nyanyikan juga catchy dan membantu kita untuk belajar dengan menyanyikannya. Hasil tersebut juga menyebutkan bahwa The Beatles, U2, One Direction, dan Nirvana merupakan band yang lagu-lagunya bisa banget untuk menambah kosakata bahasa Inggris yang baik dan benar.

 

#3 Ngobrol sama bule/temen yang Inggris nya jago

belajar bahasa inggris asyik
Kamu bisa mengerti gimana kata-kata tersebut diucapkan dengan benar.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk memperdalam kemampuan bahasa kita, adalah berbicara. Nggak usah takut ga pede, karena kebanyakan sih katanya orang bule itu gak terlalu berpaku sama susunan grammar. Asal kalimat yang kita ucapkan jelas artikulasinya dan pilihan katanya benar (yang simpel juga gapapa), pasti mereka mengerti kok. Namun, tetep harus belajar susunan yang baik juga. Hal itu bisa kita pelajari dengan sering-sering mengobrol sama orang-orang yang lebih jago berbahasa Inggris. Seringnya melatih lidah kita untuk berbicara bahasa asing, lama-kelamaan pasti akan terbiasa.

 

#4 Nonton dengan subtitle Inggris juga seru, kok

belajar bahasa inggris asyik

Sering nonton film Harry Potter, Lord of the Rings, Star Wars, dan X Men? Ato rela bersabar nungguin episode-episode TV series Game of Thrones, Breaking Bad, House of Cards, Breaking Bad, dan How I Met Your Mother? Tanpa kamu sadari, hobimu menonton tersebut bisa memperkaya perbendaharaan bahasa mu, maupun pronunciation dan aksen dari para karakternya. Logat British yang kental di Harry Potter, akan terdengar beda dengan aksen Amerika yang diucapkan para karakter Breaking Bad.

 

#5 Baca buku apapun yang kamu suka

belajar bahasa inggris asyik
Membaca: kegiatan yang udah pasti menambah pengetahuan tentang apa saja.

Pasti kamu udah kenyang sama quote ‘Buku adalah jendela dunia’.
Tapi hal itu memang benar lho. Dengan membaca lah, kita bisa mempelajari banyak hal tanpa harus menghabiskan ongkos bepergian kesana-kemari, melihat dunia luar hanya dengan kata-kata. Kalo kamu berniat untuk meningkatkan skill bahasa Inggris,  sudah saatnya kamu harus membiasakan diri untuk membaca buku berbahasa internasional tersebut.
Sayangnya, buku bahasa Inggris yang asli, kalo dijual di Indonesia harganya berkali-kali lipat lebih mahal dari harga aslinya. Mari kita bandingkan ketiga book set berikut ini, dan berapa uang yang bisa kita hemat kalo beli di negara asalnya.

Yang pertama adalah buku bacaan favorit anak-anak (dan bisa kamu baca juga untuk memperkaya kosakata umum); Dr. Seuss’s Beginner Book Collection.

belajar bahasa inggris asyik

 

 

Koleksi buku selanjutnya juga dari Dr. Seuss: Collection of 23 Classic Children’s Books, terdiri dari kumpulan cerita klasik seperti Horton Hears a Who dan Lorax yang sempat difilmkan.

belajar bahasa inggris asyik

 

 

Buat para mahasiswa jurusan Akuntansi, pasti ga asing dengan buku Financial Accounting IFRS Edition yang terkenal dengan harga selangit ini. Kalo kamu beli di luar negeri langsung, sisanya bahkan bisa buat makan sebulan lho! Oya, harga di bawah dibandingkan dengan harga buku asli, bukan bajakan.

belajar bahasa inggris asyik

Untuk para Pottermore yang sedang mencari koleksi novel Harry Potter lengkap, dari edisi pertama sampe terakhir (biar lengkap sama buku The Cursed Child yang terbaru), coba intip harga Complete Book Set yang dijual di toko buku Indonesia dan luar negeri. Selisihnya bisa banget buat beli novel J.K. Rowling yang lain!

belajar bahasa inggris asyik

 

Tapi, gimana ya cara beli barang dari luar negeri tanpa harus bayar ongkir mahal?
Don’t worry, Airfrov is here to help you get your requests overseas! Cukup membayar seharga barang plus tips (yang bisa banget dinego sama Traveller nya), buku favorit kamu udah sampe dengan selamat, deh! Ga ada lagi alasan kekurangan biaya dan waktu untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat 😀

belajar bahasa inggris asyik

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments