Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri, Apa yang Berubah?

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri

Saat kita datang dari luar negeri dan membawa barang bawaan, sadar atau tidak sebenarnya kita sedang melakukan proses impor barang, guys. Oleh karena itu, sesuai peraturan yang ada kita juga wajib membayar pajak impor lhoh. Nah, tapi pada akhir tahun 2017 kemarin pemerintah baru saja memberikan kabar baik, terutama untuk kamu para travelers. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru saja menerbitkan peraturan terbaru tentang pajak barang bawaan dari luar negeri. Kemenkeu telah mengubah beberapa poin yang ada di peraturan sebelumnya dengan tujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat saat akan berpergian ke luar negeri. Untuk tahu lebih lanjut tentang aturan tersebut, yuk langsung baca informasinya dibawah ini.

 

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri

#1 Kenaikan Batas Pembebasan Bea Masuk Barang Pribadi Penumpang

 

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri
Sumber: urbanmatters

Dalam peraturan yang baru, Kemenkeu menaikan batas pembebasan bea masuk untuk barang pribadi penumpang yang semula USD 250 per orang menjadi USD 500 per orang.  Jadi, barang belanjaan yang kamu bawa dari luar negeri tidak akan terkena bea masuk apabila total nilainya tidak lebih dari USD 500. Sedangkan untuk barang kena cukai (BKC) seperti rokok dan minuman beralkohol, ada aturan khusus yang tetap berlaku. Pembebasan cukai akan diberikan dengan jumlah bawaan paling banyak 200 batang sigaret, 25 batang cerutu, atau 100 gram tembakau iris/produk hasil tembakau lainnya, dan/atau 1 liter minuman mengandung etil alkohol. Apabila jumlah BKC yang kamu bawa melebihi ketentuan yang ada, maka akan dilakukan pemusnahan di tempat.

 

#2 Penghapusan Istilah Keluarga

 

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri
Sumber: astins

Seperti yang kita tahu, pada peraturan yang lama Kemenkeu memberikan istilah keluarga dalam memberikan batas pembebasan bea masuk. Pada peraturan yang baru, Kemenkeu telah menghapus istilah tersebut sehingga aturan batas pembebasan bea masuk sebesar USD 1000 per keluarga sudah tidak berlaku lagi. Jadi, jika kamu pergi ke luar negeri bersama anggota keluargamu (berapapun jumlahnya), maka setiap orang berhak mendapat pembebasan bea masuk senilai USD 500 per orang bukan USD 1000 per keluarga.

 

#3 Tarif Bea Masuk Tunggal

 

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri
Sumber: litrg uk

Selain menaikan batas pembebasan bea masuk, Kemenkeu juga melakukan penyederhaan pengenaan tarif bea masuk yang semula dihitung per item barang atau bervariasi tergantung jenis barang menjadi hanya tarif tunggal sebesar 10%. Jadi, tarif bea masuk yang dikenakan saat ini bersifat flat sebesar 10%. Untuk menghitung jumlah yang pajak yang harus kamu bayarkan, kamu bisa menghitungnya di aplikasi CEISA mobile atau mengaksesnya di website CEISA.

 

#4 Kemudahan Prosedur Bagi Penumpang yang Akan Membawa Barang-barang ke Luar Negeri untuk Dibawa Kembali ke Indonesia

 

Peraturan Terbaru Tentang Pajak Barang Bawaan dari Luar Negeri
Sumber: meets

Apabila kamu akan membawa barang ke luar negeri dan membawanya kembali saat pulang ke Indonesia, maka kamu wajib untuk memberi tahu petugas Bea Cukai tentang barang bawaan tersebut di Terminal Keberangkatan terlebih dahulu. Dengan melaporkan barang tersebut, kamu akan mendapat kepastian dan kelancaaran pengeluarannya saat tiba kembali di bandara di Indonesia  Berdasarkan dari keterangan di website Kemenkeu, dicontohkan apabila ada seseorang yang akan berekreasi ke negara lain dengan membawa sepeda lipat dan memberitahu petugas Bea Cukai, ia akan mendapat bukti pemberitahuan tentang barang bawaan terseput. Saat kembali ke Indonesia, ia dapat menunjukan bukti tersebut kepada petugas sehingga tidak akan dikenakan pungutan apapun terhadap barang tersebut.

 

Nah, dengan adanya peraturan baru tersebut, kamu bisa membawa barang belanjaan lebih banyak dari luar negeri dan bisa ambil titipan juga di Airfrov. Oya, kalau kamu masih bingung dengan peraturan terbaru tentang pajak barang bawaan dari luar negeri, kamu bisa mengakses website Kemenkeu atau menghubungi Bravo Bea Cukai di 1500225. Selamat berbelanja!

 

 

 

 

 

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments