Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Ngelakuin Beberapa Hal ini Selama Liburan di Jepang

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Liburan di Jepang

Kamu ada rencana traveling ke Jepang? Nah, pas banget nih kali ini Airfrov sudah siapin info tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang beserta alasannya. Yuk, daripada penasaran mending langsung baca infonya di bawah ini!

 

#1 Mengambil Foto Sembarangan

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: japan cheapo

Pas lagi traveling rasanya gak lengkap kalau kita gak foto-foto ya, guys? Entah itu untuk di-upload di sosmed atau sekedar untuk koleksi pribadi. Nah, tapi jangan sembarangan ambil foto pas di Jepang ya. Ada beberapa aturan yang harus kamu perhatikan. Misalnya, saat kamu sedang berada di stasiun, kamu dilarang untuk mengambil foto kereta dengan jarak terlalu dekat. Memang sih kereta-kereta Jepang itu cukup instagramable, tapi jangan sampai kamu tersambar kereta gara-gara mau eksis di sosmed ya! Selain itu, beberapa kuil di Jepang juga ada yang melarang pengunjungnya untuk mengambil foto saat berada di dalam kuil. Kemudian saat kamu bertemu geisha atau maiko (terutama di Kyoto), jangan sembarangan untuk meminta foto bersama. Sapa dan tanyalah dengan sopan apakah kalian bisa foto bersama mereka. Kalau mereka menolak, jangan paksa mereka untuk berfoto bersamamu ya karena siapa tau mereka memang sedang terburu-buru.

 

#2 Memberikan Tip Kepada Pelayan

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: buffalotrip

Kamu penyuka wisata kuliner? Jika iya, berarti mencicipi makanan di restauran Jepang pasti ada di dalam bucket list-mu. Saat akan makan di restauran Jepang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Memberikan tip pada pelayan bukanlah budaya atau kebiasaan yang ada di Jepang. Jadi, mengucapkankan kata terima kasih bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukan rasa terima kasihmu terhadap pelayanan mereka. Selain itu, kamu juga dilarang membawa makanan dan minumanmu sendiri ke dalam restauran karena hal itu dianggap tidak sopan dalam budaya Jepang.

 

#3 Merokok di Sembarang Tempat

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: japan times

Pemerintah Jepang memberlakukan aturan yang melarang perokok untuk merokok di sembarang tempat. Denda yang dikenakan jika melanggar aturan tersebut adalah 1.000 yen atau sekitar Rp 121.000. Tapi tenang saja, pemerintah Jepang juga telah menyediakan fasilitas area khusus merokok yang tersedia di banyak tempat. Nah, kamu bisa memanfaatkan smoking area tersebut jika ingin merokok agar tidak terkena denda.

 

#4 Tidak Memperhatikan dan Mematuhi Aturan dalam Menggunakan Transportasi Umum

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: japan trends

Transportasi umum seperti kereta dan taksi, menjadi pilihan utama para turis saat berkunjung ke Jepang. Jika kamu memilih untuk menggunakan kereta, jangan duduk di priority seat kalau kamu bukan termasuk dalam kategori orang yang boleh duduk di sana. Untuk penggunaan taksi, kamu sebaiknya berhati-hati dan menjaga jarak dengan pintu taksi yang akan kamu naiki. Kenapa? Karena pintu taksi di Jepang merupakan pintu otomatis yang dapat terbuka dan tertutup dengan sendirinya. Jadi, hati-hati dengan pintunya ya! Sedangkan untuk kamu yang memilih untuk explore tempat wisata di Jepang menggunakan sepeda, jangan lupa untuk memarkirnya di tempat ynag sudah disediakan. Jika parkir sembarangan, kamu akan terkena denda sebesar 2.300 yen atau Rp 278.000 untuk mengambil kembali sepeda sewaanmu. Duh, mending uangnya buat jajan ramen kan?

 

#5 Bersikap Tidak Sopan Saat Berada di Kuil

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: fast japan

Kuil menjadi tempat yang cukup penting dan bersejarah bagi warga Jepang. Oleh karena itu, kita wajib menghargai dan menjaga sopan santun saat berada di tempat tersebut. Selain ada aturan dilarang memotret, saat memasuki kuil sebaiknya kamu melepas topi dan kaca mata untuk menghargai tempat tersebut. Selalu jaga sopan santunmu dan jangan berisik saat mengunjungi kuil ya!

 

#6 Menyerobot Antrian

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: forbes

Menyerobot antrian juga termasuk dalam hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang. Meskipun bisa dibilang aturan ini berlaku di banyak tempat juga selain Jepang, tapi hal ini cukup penting juga lhoh, guys! Seperti yang kita tahu, Jepang terkenal dengan budaya tertibnya, jadi walaupun harus antri lama untuk mendapatkan sesuatu tapi warga setempat selalu antri dengan tertib dan sabar.

 

#7 Tidak Menjaga Kebersihan

 

hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang
Sumber: japan travel cafe

Jepang terkenal dengan toilet canggihnya yang kadang bisa bikin para turis bingung tentang cara pemaikaiannya. Selain canggih, toilet di Jepang juga sangat terjaga kebersihannya lhoh. Jadi pastikan kamu meninggalkan toilet (terutama toilet umum) dalam keadaan bersih seperti semula, agar orang lain juga merasa nyaman saat akan menggunakannya. Selain itu, jangan pernah membuang sampah sembarangan atau kamu akan terkena denda sebesar 30,000 yen atau sekitar 3,6 juta rupiah. Wih, lumayan banyak ya. Daripada buat bayar denda, mending uangnya kamu pakai buat belanja titipan para requester Airfrov kan?

 

Nah, itu dia info mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan di Jepang. Walaupun mungkin ada beberapa peraturan yang cukup berbeda dengan negara asal kita, tapi sebagai turis yang baik kita tetap harus menghargai peraturan dan budaya setempat. Gak mau kan niatnya mau liburan dan jalan-jalan disana tapi malah jadi kena denda atau masuk penjara karena hal sepele? Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan-aturan di negara atau tempat yang akan kamu kunjungi ya. Selamat jalan-jalan di Jepang!

 

Klik di sini untuk tahu cara jadi Traveller di Airfrov!

 

 

 

 

 

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments