Tips travel: Cara Merawat Kulit Selama Penerbangan

cara merawat kulit

Bagaimana Cara Merawat Kulit agar Kamu Terlihat Selalu Segar di Pesawat?

Bingung gimana cara merawat kulit agar tidak kusam selama perjalanan udaramu? Kulitmu mungkin saja terlihat sempurna ketika kamu memulai perjalanan traveling ke luar negeri. Tetapi, setelah perjalanan di udara, kamu akan merasa kulitmu tidak sesempurna saat berangkat, seperti merasa kusam dan kering. Masalah ini dapat dihindari dengan melakukan langkah yang tepat, hal yang penting harus kamu perhatikan adalah kamu mengerti bagaimana cara mengatasinya!

 

Kenapa kondisi kulit kita bisa lebih buruk ketika melakukan perjalanan di udara?

cara merawat kulit

 

Udara di dalam pesawat merupakan udara yang tidak alami yang berakibat jelek untuk kulit. Tekanan di kabin menghasilkan udara yang sangat kering karena tingkat kelembapannya luar biasa rendah. Hasilnya, penguapan di kulit kita terjadi lebih cepat dari biasanya, mengakibatkan kulit kita menjadi sangat kering, tidak peduli perjalanan tersebut lama atau sebentar. Peradangan ringan atau kulit mengelupas adalah gejala umum dari kulit kering yang dihasilkan di pesawat. Sebaliknya, kulit dengan tipe kombinasi cenderung harus berurusan dengan gejala kulit berminyak karena produksi sebum yang berlebih untuk mengisi kelembapan kulit akibat dehidrasi.

Selain itu, traveling merupakan kegiatan yang merangsang stres. Stres menyebabkan tubuh kita memproduksi kortisol – hormon yang bertanggung jawab terhadap peradangan kulit. Pada permukaan kulit akan menjadi merah dan gatal, peradangan ini akan dengan mudah membuat jerawat meletus. (Ini berbeda dari bakteri dan kotoran yang bersentuhan dengan kita ketika melakukan kontak dengan udara dan juga beda, sebagaimana reaksi kulit kita kepada cuasa di negara lain setelah kita sampai di tujuan.)

Terakhir, jika kamu nonton film sedih di atas pesawat tidak akan cukup untuk membuat kamu menangis, kamu akan berakhir dengan mata yang bengkak karena retensi cairan di tubuhmu. Air tidak hanya terkumpul berlebihan di pergelangan kaki kita, yang menyebabkan kaki membengkak, sementara itu cairan juga terkumpul di bagian mata kita yang juga menyebabkan kantung mata membengkak juga lingkaran mata semakin terlihat. Situasi ini akan semakin buruk jika kita kekurangan tidur sebelum penerbangan, secara sederhana akan semakin membuat kulit kita lelah.

Hayo gimana cara mengatasi kelelahan kulit pada situasi ini? Yuk cek beberapa tips terbaik cara merawat kulit kita!

1. Pastikan Cairan Tubuhmu Terpenuhi

 

cara merawat kulit

 

Karena kecantikan yang sesungguhnya berasal dari dalam, apapun yang kamu taruh di dalam tubuhmu akan terlihat pada kulitmu. Minum banyak air khususnya beberapa hari terakhir sebelum kamu memulai trip akan membuat cairan tubuh kamu terpenuhi dengan baik. Kami pernah diberitahu oleh seseorang kalau sebaiknya setiap pagi kita minum air putih hangat. Alasannya adalah menenggak air putih setelah tidur panjang di malam hari akan membantu meremajakan kulit yang dapat membersihkan sisa sisa racun sebelum kita mengkonsumsi apa-apa di hari itu. Hal tersebut juga direkomendasikan oleh ahli untuk secara rutin minum air dua gelas perjamnya selama penerbangan. Tidak peduli berapa lama kamu mau terbangun ketika menonton film dengan kopi atau alkohol di sampingmu, kamu harus menghindari minuman tersebut karena akan membuatmu akan sering buang air kecil – yang menyebabkan tubuhmu kehilangan cairan, menyebabkan usahamu untuk memenuhi cairan tubuhmu gagal.

2. Melembabkan Kulit 

 

cara merawat kulit

 

Melakukan perawatan wajah di salon sebelum trip adalah ide bagus kalau kamu ada waktu, atau kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Hal itu karena kamu akan membutuhkan pengelupasan kulit matimu secara lembut dan membuka penyumbatan pori-pori agar tetap lolos dari potensi jerawat. Melembabkan kulit setelah terjadi pengelupasan adalah hal yang sangat penting, apalagi selama penerbangan berlangsung, jadi kamu harus pastikan kalau kamu membawa lotion untuk di penerbangan (harus kurang dari 100 ml)! Jangan ragu untuk bawa pelembab yang kaya akan moisturiser dan pelembab bibir juga! Satu lembar masker juga mungkin bisa kamu siapkan untuk di perjalanan!

3. Gunakan make up yang sederhana atau tidak sama sekali

 

cara merawat kulit

 

Setelah penerbangan, wajah kita sering terlihat pucat dan cekung seperti zombie, jadi mungkin kamu akan tergoda untuk memakai make up lebih tebal untuk menutupi kelelahan wajahmu. Tetapi make up cenderung menjadi kering karena kondisi udara pada kabin pesawat, hasilnya malah membuat garis keriput wajah semakin terlihat. Memakai make up juga menghalangi tujuanmu untuk menggunakan masker dan pelembab selama penerbangan karena wajahmu sudah tertutup oleh foundation. Oleh sebab itu, salah satu cara merawat kulit selama di pesawat adalah dengan meminimalisir penggunaan make up.

4. Tepuk dengan handuk dingin

 

cara merawat kulit

 

Untuk selanjutnya, ketika pramugari bertanya apa kamu butuh handuk hangat, kamu bisa minta handuk dingin untuk digunakan mengelap wajahmu terutama di sekitar mata. Penting untuk tidak mengelapnya ke seluruh bagian wajah. Walaupun itu terasa menyegarkan, hal tersebut sifatnya hanya sementara dan akan semakin membuat kulitmu kekurangan cairan yang disebabkan karena kelembapan alami kamu sudah terambil. Setelah kamu sampai di hotel, kamu bisa berkreasi dengan cara merawat kulit dengan menempelkan handuk es yang bisa membantu menyegarkan kulitmu!

5. Begerak untuk membantu aliran darah lebih lancar

 

cara merawat kulit

 

Walaupun susah, kamu bisa mencoba untuk bergerak selama penerbangan karena 15 menit peregangan akan membantu aliran darah yang untuk pancaran kulitmu yang lebih baik. Tanpa aktifitas yang memadai, kaki kita akan keram, hal ini juga terjadi untuk kulit kita! Jika kita bertahan dengan postur yang sama dengan jangka waktu yang lama selama di pesawat, sirkulasi aliran darah kita akan terhambat dan menyebabkan kulit menjadi kusam dan kasar. Tinggalkan kursi sejenak dan regangkan tubuhmu di sepanjang lorong pesawat adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas tubuh dan khususnya kulitmu supaya terlihat lebih segar selama perjalanan.

6. Tidur 

 

cara merawat kulit

 

Beristirahat dengan cukup bukan hanya baik untuk kesehatan kulitmu. Hal tersebut juga akan mencegahmu dari kelelahan dan stres sehingga kulitmu tidak akan terlihat jelek. Walaupun tidak mudah, cobalah setidaknya tidur sebentar selama penerbangan dan kamu akan merasa segar ketika mendarat.

 

 

Hayo setelah baca tips di atas pasti kamu makin semangat kan untuk trip selanjutnya !

Pernah kepikiran ga setelah pulang traveling kamu malah dapet uang ?

Ini mungkin banget loh! Segera daftarkan dirimu sebagai user di Airfrov dan jadilah salah satu traveller kita dengan mengumumkan perjalananmu !

Kalau masih bingung apa itu Airfrov, kamu bisa tonton dulu video ini!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments