Yuk cek Keamanan Produk Kecantikanmu serta Batas Masa Kedaluwarsanya!

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan

Setiap produk baik kosmetik maupun parfum memiliki daya tahan dan kandungan yang berbeda-beda. Nah, walaupun pihak produsen sudah mencantumkan informasi produk yang lengkap pada kemasan, sayangnya sebagian orang tidak terlalu memperhatikannya. Padahal infomasi tersebut sangat penting karena menyangkut dengan tingkat keamanan produk tersebut. Kali ini Airfrov akan membahas tentang beberapa cara mengecek keamanan dan kedaluwarsa produk kecantikan . Pastikan kamu membacanya sampai selesai ya untuk mengetahui apakah produkmu cukup aman atau tidak.

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan

 

#1 Expired Date VS Manufacturing Date

Perlu kamu ketahui bahwa setiap produk kecantikan tidak selalu mencantumkan expired date (exp. date) atau tanggal kedaluwarsanya saja. Beberapa brand ada yang mencantumkan manufacturing date (mfg. date) atau tanggal produksi produk di kemasannya. Jadi, kalau kamu membeli produk dan tahunnya tertulis sama dengan tahun saat kamu membeli, belum tentu produk itu kedaluwarsa ya!

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mengeceknya dulu apakah itu merupakan expired date atau manufacturing date. Setelah itu, agar lebih pasti kamu bisa cek berapa lama waktu maksimal penggunaan produk setelah tanggal produksi. Biasanya info tersebut tercantum di website resmi dari brand tersebut. Untuk penulisan simbolnya, ada beberapa versi seperti MFE/ MFG/ M (manufacturing date), EXP / E/ ED (expired date), dan BB/ BBE/ BE (best before). Kamu juga bisa mengecek shelf life atau daya simpan produkmu di website check cosmetic.

Untuk kamu para pecinta Kbeauty, kadang suka bingung gak sih kalau ada tulisan angka atau tahun tapi tidak ada tulisan mfg. date atau exp. date nya? Padahal, sebenarnya ada loh. Hanya saja penulisannya menggunakan bahasa Korea sehingga kita tidak memahaminya. Supaya kamu gak bingung lagi, nih Airfrov kasih tau tulisan expired dan manufacturing date dalam bahasa Korea.

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan
Sumber: iBeauty shop

 

#2 Cermati Simbol-simbol yang Tertera pada Kemasan

Cara mengecek keamanan dan kedaluwarsa produk kecantikan yang selanjutnya adalah dengan melihat simbol-simbol tertentu yang tercantum pada kemasan. Simbol-simbol tersebut memiliki arti yang penting berkaitan dengan keamanan si produk tersebut. Kira-kira gambar dan arti dari simbolnya seperti apa ya? Yuk, cek informasinya di bawah ini!

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan

  • Period After Opening (PAO) – Simbol yang menunjukan jangka waktu pemakaian setelah kemasan dibuka pertama kali. Tulisan 6M memiliki arti bahwa produk tersebut layak digunakan selama 6 bulan setelah kemasan dibuka pertama kali. Jadi, walaupun tanggal expired-nya masih lama, tapi produk tersebut hanya dapat digunakan beberapa bulan setelah kemasan dibuka.
  • Cruelty Free –  Simbol yang menggunakan gambar kelinci ini memiliki arti bahwa hewan tidak digunakan sebagai objek uji coba produk selama proses pengembangan dan produksi.
  • Refer to Insert – Simbol ini berfungsi sebagai intruksi untuk membaca informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut pada leaflet yang diberikan.
  • Hourglass – Simbol ini menunjukan informasi bahwa produk tersebut memiliki ketahanan kurang dari 30 bulan.

 

#3 Bahan-bahan Berbahaya pada Produk Kecantikan

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan
Sumber: safecosmetics

Walaupun sekarang sudah banyak skin care atau kosmetik yang mengklaim bahwa mereka terbuat dari bahan-bahan alami, kamu tetap wajib berhati-hati dalam memilih produk. Terkadang masih ada beberapa brand yang ‘menyelipkan’ bahan-bahan berbahaya pada produknya. Bahkan, jika suatu produk menggunakan terlalu banyak bahan tertentu (walaupun bahan tersebut aman) atau melebihi batas yang ditentukan bisa berbahaya juga loh!

Salah satu bahan berbahaya yang masih cukup sering muncul di produk skin care dan kosmetik adalah paraben. Sebagai bahan pengawet, bahan ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti methylparaben, butylparaben, ethylparaben, dll. Meskipun tidak semua jenis paraben berbahaya, tetapi penggunaan produk yang mengandung paraben (meski dalam kadar rendah) dapat menyebabkan akumulasi paraben yang berlebihan dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan kulit. Jika kamu ingin tau bahan-bahan berbahaya lainnya, kamu bisa cek  di website safecosmetics.org.

 

#4 Apakah Parfum Bisa Kedaluwarsa?

Cara Mengecek Keamanan dan Kedaluwarsa Produk Kecantikan
Sumber: stopper

Pernah menemukan expired date pada kemasan parfum kamu? Jika tidak, bukan berarti parfummu tidak bisa kedaluwarsa ya! Umumnya produk parfum yang belum dibuka memiliki umur simpan hingga 5 tahun terhitung dari tanggal produksi. Jika sudah dibuka, parfum dapat digunakan hingga 1 tahun atau bisa lebih lama jika kamu menyimpannya dengan baik. Untuk mengetahui apakah parfum yang kamu miliki sudah kedaluwarsa atau belum, kamu bisa mengecek perubahan warna dan teksturnya. Tuangkan sedikit parfummu ke dalam gelas bening dan lihat apakah warna cairan parfummu sudah berubah menjadi lebih gelap atau tidak. Jika parfummu sudah berubah warna, berarti parfumu sudah tidak layak untuk dipakai. Selain itu, parfum yang sudah kedaluwarsa baunya juga akan berubah dan berbau seperti alkohol. Nah, untuk menjaga agar parfummu tidak cepat kedaluwarsa, jangan lupa simpan dengan baik dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung ya!

 

Jadi gimana produk kalian sudah cukup aman belum? Kalau kalian sudah praktekin cara mengecek keamanan dan kedaluwarsa produk kecantikan setelah itu ternyata sudah kedaluwarsa mending langsung buruan dibuang deh. Walaupun isinya masih banyak karena kamu jarang pake, tapi produkmu sudah tidak layak digunakan. Selain itu, pastikan juga untuk selalu cek keamanan produk sebelum membelinya.Oiya, Airfrov pernah ngebahas beberapa artikel tentang produk kecantikan sepeti Lush of Magnaminty dan review The Ordinary Skin Care. Nah, kalau kamu beli produknya via Airfrov, jangan lupa untuk selalu ingatkan traveler yang membantumu agar mengecek tanggal kedaluwarsa sebelum membelikan barang titipanmu. Selamat berbelanja!

Kamu mau titip belanja dari luar negeri? Belum ngerti cara nitipnya gimana?

Yuk cek caranya di bawah ini!

 

Mau tau cara titip di Airfrov!

 

 

 

 

 

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments