Yuk Intip Cara Hitung Pajak Barang yang Kita Bawa dari Luar Negeri!

Akhir – akhir ini berita tentang pajak terhadap barang yang kita bawa dari luar negeri banyak terdengar simpang siur. Tentunya hal ini dapat meresahkan bagi kamu yang ini liburan ke luar negeri. Sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk berbelanja ketika sedang liburan ke luar negeri, termasuk membeli berbagai oleh – oleh untuk saudara dan teman. Walaupun di negara yang kamu kunjungi kamu terbebas dari pajak, seperti belanja di Jepang yang pernah dibahas di sini, kamu harus tetap memperhitungkan berapa pajak yang akan kamu tanggung ketika sampai ke Indonesia. Nah, bagaimana hitungan pajaknya? tidak usah bingung karena Airfrov akan membahas gimana cara hitung pajak barang yang kita bawa dari luar negeri.

Berdasarkan informasi yang Airfrov dapatkan dari website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemekeu RI, setiap barang yang dibawa oleh penumpang dari luar negeri akan dikenai bea masuk sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kamu bisa perhatikan terlebih dahulu barang-barang yang kamu bawa dari luar negeri.

Cara hitung pajak barang yang kita bawa dari luar negeri
Sumber foto: http://blog.pergi.com/

Hal – Hal yang Harus Kamu Lakukan ketika Bawa Barang dari Luar Negeri 

#1 Mengisi Customs Declaration

 

Sumber foto: https://www.jalan2kejepang.com

Customs Declaration adalah sebuah dokumen yang harus kamu isi untuk memberitahukan barang – barang apa saja yang kamu bawa masuk ke Indonesia dari luar negeri. Dokumen ini menjadi dasar bagi para petugas ketika melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang dari luar negeri.

 

#2 Mengetahui Fasilitas Perpajakan yang Ada

 

Sumber foto: https://www.ekon.go.id

Tahukah kamu, kalau tidak semua barang yang kamu bawa dari luar negeri harus dikenakan bea masuk dan pajak lho. Terdapat peraturan pembebasan bea masuk terhadap barang yang bernilai dibawah USD 250 atau sekitar 3,3 juta Rupiah per orang. Jika kamu bepergian bersama keluarga, maka batasnya dapat diakumulasi menjadi USD 1000 atau sekitar 13 juta Rupiah bagi tiap keluarga. Setiap barang yang bernilai lebih dari batas tersebut wajib dikenakan bea masuk dan pajak sesuai aturan yang berlaku, yaitu tarif bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PPn dan PPh).

 

#3 Mengetahui Aturan untuk Barang Pribadi Penumpang Dewasa

 

Sumber foto: http://www.travelchannel.com/

Jika kamu kebetulan membawa barang pribadi seperti rokok, cerutu, tembakau dan juga alkohol, maka kamu harus memperhatikan Cara hitung pajak barang yang kita bawa dari luar negeri lebih seksama.

Ketika pulang dari luar negeri, kamu diperbolehkan membawa 200 batang rokok, 25 batang cerutu, 100 gram tembakau iris, dan 1 liter minuman beralkohol. Jika kamu kedapatan membawa barang – barang tersebut lebih dari batas yang sudah ditentukan, maka kelebihannya akan dimusnahkan oleh para petugas yang bersangkutan.

 

#4 Bawa NPWP

 

Sumber foto: https://www.bagikeunlagi.com

Ketika traveling, membawa identitas diri adalah hal yang sangat penting. Tapi dalam hal perpajakan, NPWP adalah dokumen diri yang sangat penting. Karena, berdasarkan PMK Nomor 107 tahun 2015 tentang PPh, kamu bisa mendapatkan diskon tarif PPh atau pajak penghasilan hingga 50% jika kamu berhasil menunjukkan nomor NPWP. Jadi, pastikan kamu sudah punya NPWP dan jangan lupa dibawa ketika traveling ya!

 

#5 Persiapkan SPMB

 

Sumber foto: www.kompas.com

Sudah pernah dengar tentang SPMB? SPMB adalah singkatan dari Surat Pemberitahuan Membawa Barang. Surat ini dapat kamu isi sebelum berangkat ke luar negeri, apalagi jika kamu membawa barang mewah atau bernilai diatas USD 250 ketika kamu traveling ke luar negeri. Dengan surat ini, petugas Bea dan Cukai tidak akan menghitung barang – barang yang kamu bawa sebagai barang masuk dari luar negeri dan barang – barang tersebut akan dibebaskan dari pajak dan bea masuk.  Jika tidak mengisi surat ini, para petugas bisa saja menganggap kamu membeli barang tersebut di luar negeri dan harus dikenakan bea masuk. Jadi, jangan sampai kelupaan mengisi SPMB sebelum berangkat supaya tidak terkena perhitungan.

 

#6 Hitung Sendiri Bea Masuk Kamu dengan CEISA Mobile

 

Sumber foto: www.okezone.com

Supaya tidak kaget ketika kamu menghadapi petugas di bandara atau pelabuhan, ada baiknya kamu download dahulu aplikasi CEISA mobile. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Dirjen Bea dan Cukai ini berguna untuk mengetahui cara hitung pajak barang yang kita bawa dari luar negeri. Aplikasi ini bisa kamu download di perangkat Android, sedangkan bagi pengguna iOS, kamu bisa mengakses website CEISA menggunakan browser kamu. Kalo kamu kesusahan dapet wifi di bandara, kamu bisa cari tahu caranya di artikel ini ya!

Demikianlah 6 Cara hitung pajak barang yang kita bawa dari luar negeri. Pastikan kamu mengikuti tata cara nya dengan baik sehingga kamu bisa bepergian dan berbelanja di luar negeri dengan tenang. Tidak perlu bingung lagi kan! Dengan begitu, kamu juga tidak perlu ragu lagi untuk mengambil titipan di Airfrov. Hitung pajak nya dengan baik dan tambahkan ke dalam biaya barang yang kamu beli. Simpel kan?

 

 

Tertarik jadi traveller di Airfrov?

Klik di sini untuk tahu caranya!

 

 

 

 

 

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments