Belanja di Jepang Semakin Murah dengan Program Bebas Pajak

belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang

Siapa di sini yang hobi jalan-jalan sekaligus belanja? Baca dulu 7 Rahasia Shopping asik di Jepang yuk! Kalau kamu salah satunya, Jepang adalah salah satu negara yang wajib kamu kunjungi. Selain punya tempat-tempat wisata yang keren, Jepang juga surganya belanja loh! Mulai dari kosmetik, baju, barang-barang elektronik, sampai pernak pernik lucu bisa kamu temukan semuanya di Jepang. Apalagi Jepang saat ini telah menjadi salah satu negara yang memberlakukan Japan’s Tax Free Shopping untuk para turis. Jadi kamu bakal bisa belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang. Gimana seru kan? Kalau kamu masih bingung tentang cara dapetin fasilitas bebas pajak ini, tenang aja! Airfrov udah siapin informasinya kok buat kamu.

 

Apa itu Japan’s Tax Free Shopping?

 

belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang
Sumber: tax free-jp

Japan’s Tax Free Shopping merupakan sebuah peraturan pembebasan pajak belanja bagi para wisatawan yang diterapkan oleh pemerintah Jepang. Besarnya pajak barang yang dibebaskan adalah sebesar 8%. Peraturan ini hanya berlaku untuk warga asing yang berkunjung dalam waktu tertentu saja. Tujuan diterapkannya peraturan ini adalah agar para turis bisa belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang sehingga jumlah belanja mereka meningkat.

Nah, tapi tidak semua barang bisa bebas pajak ya. Ada 2 jenis barang yang dapat kamu beli dan tidak terkena pajak. Jenis barang yang pertama adalah barang habis pakai/ barang konsumsi seperti makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dll. Kemudian jenis barang yang kedua adalah barang umum seperti elektronik, sepatu, tas, alat olahraga, pakaian, dan aksesoris.

 

Bagaimana caranya belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang?

 

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menikmati Japan’s Tax Free shopping:

  1. Belilah barang di toko yang mendukung program bebas pajak. Biasanya toko-toko tersebut mencatumkan label “Tax Free Shopping” atau “Duty Free” di toko mereka.
  2. Jangan lupa untuk selalu membawa paspor saat belanja. Kamu harus menunjukan stiker visa yang membuktikan bahwa kamu adalah warga asing yang sedang berwisata ke Jepang. Selain itu, paspormu nantinya juga akan diberikan struk khusus untuk ditunjukan kepada pihak bea cukai saat kamu meninggalkan Jepang.
  3. Khusus untuk barang-barang konsumsi yang bebas pajak, segelnya tidak boleh terbuka sama sekali hingga kamu meninggalkan Jepang.
  4. Barang konsumsi harus dibawa keluar Jepang tidak lebih dari 30 hari sejak hari pembelian dan barang umum tidak lebih dari 6 bulan sejak tanggal masuk Jepang.
  5. Untuk menikmati program bebas pajak, kamu harus melakukan total pembelian diatas 5,000 yen (diluar pajak) pada hari dan toko yang sama. Kedua jenis barang yang dibahas di paragraf sebelum ini (barang habis pakai dan barang umum) harus dalam struk terpisah dan tidak bisa digabung. Untuk jenis barang konsumsi pembelian maksimal adalah 500,000 yen (diluar pajak).
  6. Pembebasan pajak tidak berlaku untuk barang yang dikonsumsi langsung di Jepang (makanan atau minuman di restaurant) dan barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini:

belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang
Sumber: jnto

 

Toko apa saja yang mendukung Japan’s Tax Free Shopping?

 

belanja murah dengan bebas pajak saat liburan ke Jepang
Sumber: laox jp

Ada puluhan ribu toko yang mendukung program bebas pajak ini termasuk departement store seperti Seibu, SOGO, dan Takashimaya. Untuk barang elektronik, kamu bisa berbelanja di Yodobashi, LAOX, BIG Camera, Best Denki. Sedangkan jika ingin berbelanja baju, kamu bisa mengunjungi outlet pakaian seperti Uniqlo dan MUJI. Kemudian untuk consumable goods kamu bisa membeli barang-barang dari supermarket terkenal seperti 7-eleven karena mereka juga menawarkan program tax-free goods.

 

Gimana, jadi makin pengen jalan-jalan dan belanja di Jepang kan? Sebelum itu, agar perjalananmu lebih mudah, kamu harus tau cara dapet wifi gratis di bandara. Nah, daripada kamu ribet arrange trip kamu ke Jepang, mending kamu ikutan Winter Tokyo Shopping Trip & Challenge 2017 bareng Airfrov. Dengan ikut trip ini kamu bisa jalan-jalan sambil belanja sepuasnya di Tokyo. Selain itu, kamu juga akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah Rp 5.000.000 dengan ambil titipan belanja di Airfrov. Seru banget kan? Kapan lagi bisa jalan-jalan sambil dapat hadiah.

 

Gimana sih cara jadi Traveller di Airfrov!

Klik di sini untuk tahu caranya!

 

 

 

 

 

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

comments